Kali
ini kita akan membahas materi tentang manajemen perkantoran. Diantaranya yaitu
pengertian manajemen, pengertian kantor, pengertian manajemen perkantoran, fungsi
dan juga tujuan dari manajemen perkantoran itu sendiri. Langsung saja kita
simak materi yang ada dibawah ini.
1.
Pengertian Manajemen
a.
Manajemen sebagai individu atau sekelompok individu yang
bertanggung jawab untuk menganalisis, merumuskan keputusan dan memprakarsai
tindakan yang memadai yang dapat menghubungkan organisasi.
b.
Manajemen sebagai suatu proses pengalokasian masukan
suatu organisasi melalui perencanaan, pengarahan dan pengawasan agar dapat
memproduksi serta memasarkan keluaran yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga
sasaran organisasi itu dapat tercapai.
c.
Manajemen sebagai kegiatan dan pengintegrasian masukan
organisasi dalam suatu lingkungan melalui fungsi-fungsinya.
Manajemen
menurut bahas berarti pengelolaan, ketatalaksanaan atau tata pimpinan.
Sedangkan secara istilah, manajemen memiliki arti sebagai proses pemanfaatan
segala sumberdaya melalui bantuan orang lain dan bekerja sama dengannya agar
tujuan bersama dapat tercapai secara efktif, efisien dan produktif. Perlu kita
ketahui bahwa manajemen bukan hanya tentang mengatur orang, akan tetapi juga
mengatur kebutuhan orang tersebut. Demikian adalah pengertian dari manajemen.
2.
Pengertian Kantor
Kantor secara
statis diartikan sebagai tempat. Sedangkan secara dinamis, kantor diartikan
sebagai proses. Kemudian secara fungsionalis, kantor adalah sarana pemusatan
kegiatan yang bersifat administratif atau kegiatan manajerial dan fasilitatif.
Kantor adalah tempat atau ruangan
penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, atau mendistribusikan
dan menyampaikan data atau informasi.
Kantor dapat
bertindak sebagai pusat syaraf administrasi dan kebijaksanaan, sebagai
perantara satu pabrik dengan pemasok bahan yang dibutuhkan, sebagai tempat
penyelesaian persoalan, sebagai koordinator dan juga sebagai penghubung dengan
masyarakat.
3.
Pengertian Manajemen Perkantoran
Sedangkan
pengertian manajemen perkantoran adalah rangkaian aktivitas merencanakan,
mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, mengendalikan dan menyelenggarakan
kegiatan yang berhubungan dengan organisasi. Rangkaian aktivitas tersebut
tentunya harus sesuai dengan tujuan organisasi yang telah disepakati
sebelumnya. Manajemen perkantoran sendiri digunakan untuk memudahkan manajer
dalam mengendalikan dan juga mengawasi kinerja para karyawan. Selain itu,
manajemen perkantoran juga digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan
organisasi secara lebih efektif dan efisien.
4.
Tujuan Manajemen Perkantoran
Ada lima tujuan
dari manajemen perkantoran. Diantaranya adalah dijelaskan sebagai berikut.
a. Memberikan informasi mengenai data lembaga kepada seluruh
personil kantor.
b. Memberikan catatan dan laporan yang bermanfaat dengan
biaya yang sesuai.
c. Memelihara ketahanan perusahaan dari persaingan dengan
perusahaan lain.
d. Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan membantu
memberi pelayanan secara efektif kepada para pelanggan atau mitra kerja.
e. Membuat catatan secara lengkap, relevan, up to date,
akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
Demikian adalah tujuan dari manajemen perkantoran dalam
kaitannya dengan pengelolaan organisasi dan juga elemen-elemennya. Tujuan utama
dari manajemen perkantoran tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan kantor
terhadap semua elemen kantor yang membutuhkan pelayanan. Selain itu, tujuannya
adalah untuk mempermudah manajer dalam mengelola perusahaannya, supaya tujuan
organisasi dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien.
5.
Fungsi Manajemen Perkantoran
Secara umum,
manajemen perkantoran memiliki empat fungsi sesuai dengan rumus dasar dari ilmu
manajemen. Yaitu merencanakan (planing), mengorganisasikan (organizing),
mengarahkan (actuating) dan mengendalikan (controling). Fungsi merencanakan
atau planing mencakup merencanakan gedung, tata suara, tata warna, tata
ruang kantor, ventilasi, penerangan perlengkapan dan juga anggaran untuk
mengadakan rencana tersebut. kemudian fungsi mengorganisasikan atau organizing
yaitu pengorganisasian faktor-faktor fisik dalam kantor dan pengorganisasian
biaya perkantoran.
Selain itu, fungsi
mengarahkan atau actuating mencakup pengarahan ruang kantor, komunikasi,
perabotan, perlengkapan, peralatan dan juga mesin yang akan digunakan sebagai
sarana kerja personil kantor. Selanjutnya fungsi pengendalian atau controling
berfungsi untuk mengendalikan kualitas pekerjaan kantor, waktu, metode dan
standarisasi, biaya, perlengkapan dan dokumentasi.
Dari materi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa
manajemen perkantoran adalah rangkaian aktivitas merencanakan,
mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, mengendalikan dan menyelenggarakan
kegiatan yang berhubungan dengan organisasi, agar tujuan organisasi dapat
dicapai secara efektif dan efisien. Tujuan utama dari manajemen perkantoran
tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan kantor terhadap semua elemen
kantor yang membutuhkan pelayanan. Sedangkan fungsi dari manajemen perkantoran
adalah merencanakan (planing), mengorganisasikan (organizing), mengarahkan
(actuating) dan mengendalikan (controling) seluruh elemen kantor baik personil
maupun peralatan kantor.
Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment