Tuesday 13 December 2016

Pengertian Pendidikan Dalam Hadits



Istilah pendidikan dalam bahasa Arab mempunyai banyak term (istilah): altarbiyah,al-ta 'lim, al-ta 'dib, dan al-riyadhah. Karena masing-masing istilah memilikiperbedaansecaratekstual dankontekstual, makamasing- masingmempunyaimakna yang berbeda, meski dalam hal tertentu terma tersebut memiliki kesamaanmakna.
Istilah al-tarbiyah dalam hadis tidak ditemukan secara khusus. Meskipun demikian, dalam hadis dijumpai istilah-istilah yang senada dengan istilah tersebut.
Istilah tersebut adalah al-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiyun, dan rabbani.Demikianjuga dalam literatur Hadits dijumpai istilah rabbani. Fonem tersebut memiliki konotasi maknaberbeda.

1.      Definisi pendidikan menurut para tokoh
a.       Prof. H. Mahmud Yunus : Definisi pendidikan adalah upaya sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak-anak yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, fisik dan moral yang secara bertahap bisa memberikan anak untuk tujuan dan cita-cita yang paling tinggi. Dalam rangka untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi diri mereka sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agama.
b.      Prof. Herman H. Horn : Ia percaya bahwa pendidikan adalah proses penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental bebas dan sadar Allah seperti yang dituturkan dalam lingkungan alam, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.
c.       Prof. Dr. Jhon Dewey: Dia mengatakan pendidikan merupakan proses pengalaman. Karena manusia tanpa dibatasi usia. Dalam proses pertumbuhan merupakan proses penyesuaian pada setiap tahap dan dalam pengembangan pembangunan kapasitas seseorang melalui pendidikan.
d.      Ki Hajar Dewantara : Dia mengatakan pendidikan merupakan permintaan dalam kehidupan anak-anak. Intinya adalah bahwa pendidikan mengarah semua kekuatan yang ada di alam agar peserta didik sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan yang tinggi dan kebahagiaan hidup.

2.      Definisi pendidikan islam menurut para tokoh

a.       al-Ashfahani mengatakan bahwa al-rabb berarti tarbiyah menunjuk kepada arti menumbuhkan prilaku secara bertahap hingga mencapai batasan kesempurnaan.
b.      al-Bani melengkapi pendapat al-Asfahani, bahwa di dalam pendidikan tercakup tiga unsur yaitu; menjaga dan memelihara anak; mengembangkan bakat dan potensi anak sesuai dengan kekhasan masing-masing; mengarahkan potensi dan bakat agar mencapai kesempurnaan dan kebaikan.
c.       al-Nahlawi bahwa pendidikan Islam adalah pengaturan pribadi dan masyarakat yang karenanya dapatlah memeluk Islam secara logis dan sesuai secara keseluruhan baik dalam kehidupan individu maupun kolektif.
d.      Yusuf al-Qardhawi memberi pengertian pendidikan Islam sebagai Pendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya.

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN MATERI TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH LENGKAP

A.    Konsep Karya Ilmiah Karya ilmiah terbentuk dari kata “karya” dan “ilmiah”. Karya berarti kerja dan hasil kerja dan ilmiah berari ...