Sunday 6 November 2016

MAKALAH BK PROGRAM BIMBINGAN DI SEKOLAH


BAB I
PENDAHULUAN
 Didiklah anak-anakmu dengan kebijaksanaan dan luruskanlah ia selagi masih muda. Ibarat tunas pepohonan, akan mudah bagimu meluruskannya, tetapi jika ia telah menjadi pohon besar yang bengkok niscaya ia akan patah saat engkau meluruskannya.”
Istilah bimbingan dan konseling (BK) bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Namun kenyataannya tidak semua orang mengetahui dan mengerti akan esensi dan substansi dari pelaksanaan BK tersebut. Banyak orang yang berpendapat bahwa BK adalah tempat untuk menangani siswa-siswa yang suka membolos, rajin tidak masuk, serta yang bandel dan nakal saja. Sehingga BK terkesan seolah-olah hanya menjadi tempat evakuasi segala pelaku kejahatan sekolah. Tak heran kalau ada kepanjangan BK yaitu “Bengkel Kejahatan” atau “Bengkel Kurawa” di sekolah.
            Sekolah merupakan bagian dari pendidikan, dimana di sekolah terdapat peserta didik yang mana membutuhkan suatu perhatian agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Sekolah memiliki banyak sekali kegiatan, sehingga perlu adanya suatu manajemen sekolah yang baik agar kegiatan-kegiatan di sekolah dapat di laksanakan dengan sebaik-baiknya. Siswa atau peserta didik merupakan salah satu objek penerima layanan bimbingan dan konseling, sehingga untuk memudahkan pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah, seorang guru bimbingan dan konseling diharuskan membuat suatu perencanaan penyusunan program terlebih dahulu untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling.
Persepsi yang kurang tepat terhadap BK tersebut, ternyata tidak hanya menjangkiti masyarakat awam. Para guru sebagai pendidik pun masih ada yang menganggap bahwa BK itu bukan bagian dari tugasnya, tetapi adalah tugas khusus yang hanya boleh dilaksanakan oleh “guru BK” (konselor). Pandangan semacam ini kemudian menjadikan guru leluasa meminggirkan siswa-siswanya yang dianggap “buruk, jahat, dan kurang asertif” dalam pendidikan. Mereka kemudian akan mengirim anak “nakal” tersebut ke ruang sempit mencekam tempat para konselor berada. Padahal, gurulah yang seharusnya memberikan penanganan pertama terhadap problematika siswa-siswanya karena merekalah yang lebih sering berinteraksi. Berdasarkan hal tersebut, guru pun sebenarnya dituntut untuk menguasai kompetensi dalam hal bimbingan dan konseling.
            Maka dari itu, sudah saatnya para guru mengubah persepsinya masalah yang cukup serius ini. Dalam makalah ini, akan kami uraikan mengenai peranan yang seharusnya dilakukan oleh para guru dalam pelaksanaan BK meliputi: pengidenfikasian masalah siswa, pengalihtanganan siswa yang bermasalah, penciptaan suasana belajar kondusif, konferensi kasus dan hal-hal lain yang bertalian dengan pelaksanaan BK.





BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Pengertian Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah  ialah sejumlah kegiatan bimbingan dan konseling yang direncanakan oleh sekolah, dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu (Purwoko, 2008: 18). Adapun fungsi husus bimbingan dan konseling, yakni hususnya di sekolah, menurut H.M. Umar dkk., dalam Salahudin (2010: 129) adalah sebagai berikut[1]:
v  Menolong anak dalam kesulitan belajarnya
v  Berusaha memberikan pelajaran yang sesuai denga minat dan kecakapan anak-anak
v  Memberi nasihat kepada anak yang akan berhenti dari sekolahnya
v  Memberi petunjuk kepada anak-anak yang melanjutkan belajarnya, dan sebagainya.
Semua itu termasuk usaha-usaha mendidik yang sudah seharusnya dilakukan guru terhadap siswa-siswanya. Dalam arti khusus, bimbingan mencakup semua teknik penasihatan (conseling) dan semua informasi yang dapat menolong individu untuk menolong dirinya sendiri.
B. Tujuan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya. Menurut Dewa Ketut Sukardi dan Desak Made Sumiati (2005:3) tujuan program bimbingan dan konseling disekolah terdiri dari : (1) Tujuan umum, dan (2) Tujuan Khusus.
1.Tujuan umum program bimbingan
·         Agar siswa dapat mengembangkan pengertian dan pemahaman diri dalam kemajuannya disekolah.
·         Agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan tetang dunia kerja, kesempatan kerja serta rasa tanggung jawabdalam memilih suatu kesempatan kerja tertentu.
·         Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk memilih dan mempertemukan pengetahuan tentang dirinya dengan informasi tentang kesempatan yang secara tepat dan bertanggung jawab.
·         Agar siswa dapat mewujudkan penghargaan terhadap kepentingan dan harga diri orang lain
2.Tujuan khusus program bimbingan
·         Agar siswa memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri.
·         Agar siswa memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungannya.
·         Agar siswa memiliki kemampuan dalam mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dihadapinya
·         Agar para siswa memiliki kemampuan untuk mengastasi dan menyalurkan potensi-potensi yang dimilikinya dalam pendidikan dan lapangan kerja secara tepat.
C. Komponen (Struktur) Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
            Layanan bimbingan dan konseling di sekolah atau madrasah diklasifikasikan ke dalam empat komponen layanan, ialah sebagai berikut[2] :
1. Pelayanan Dasar
Layanan dasar adalah layanan bantuan kepada semua peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan untuk membantu para peserta didik mencapai kompetensi dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangan secara efektif dan sehat. Layanan ini dilaksanakan melalui kegiatan di dalam kelas (klasikal), kelompok-kelompok kecil, dan kerjasama antara konselor dan guru dalam pengembangan kompetensi tertentu yang diperlukan oleh peserta didik dalam kehidupannya.Strategi pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling di sekolah atau madrasah meliputi:
·         Bimbingan Klasikal: ialah program pertemuan antara konselor dan peserta didik di kelas, yang disajikan secara klasikaldan terjadwal.
·         Pelayanan Orientasi: ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi pemahaman baru kepada para peserta didik tentang lingkungan, kurikulum dan program sekolah atau madrasah, teman di kelas atau di luar kelas sekolah/madrasah, guru dan sarana atau fasilitas sekolah/madrasah, peraturan dan tata tertib sekolah/madrasah, program ekstra kurikuler dan lain-lain guna memperlancar penyesuaian diri di awal program tahun ajaran baru.
·         Pelayanan Informasi:ialah sajian informasi yang diberikan kepada para peserta didik tentang hal-hal yang dipandang perlu dan bermanfaat bagi mereka, seperti informasi tentang perguruantinggi, pergaulan yang sehat, bahaya Miras(minuman keras)/Narkoba dan lain-lain.
·         Bimbingan Kelompok:ialah layanan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik melalui kegiatan kelompok untuk merespon kebutuhan, minat dan pemberian informasi yang bersifat umum dan tidak rahasia.
·         Pelayanan Pengumpulan Data (Aplikasi Instrumentasi):yaitu kegiatan penjaringan data atau informasi tentang data pribadi dan lingkungan peserta didik baik tes maupun non tes.
2. Pelayanan Responsif      
Layanan responsif adalah pemberian bantuan kepada peserta didik yang memerlukan pertolongan segera. Dalam hal ini konseli mungkin berinisiatif mendatangi konselor untuk memanfaatkan bantuan profesional yang diperlukannya dari konselor karena mengalami masalah atau kesulitan tertentu karena adanya rujukan dari guru, orangtua atau profesional lain. Layanan ini dilaksanakan melalui:
·         Konseling Individual: ialah layanan yangditujuan untuk membantu peserta didik yang mengalami hambatan dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya.
·         Referal (Rujukan atau Alih Tangan): yaitupelimpahan wewenang penanganan masalah yang dihadapi konseli kepada orang atau lembaga yang lebih berwenang.
·         Kolaborasi: ialah suatu kegiatan kerjasama perlu dilakukan oleh konselor dengan pihak-pihak terkait di luar sekolah/madrasah seperti orangtua, guru bidang studi dan wali kelas yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan pengembangan potensi peserta didik secara langsung maupun tidak langsung.
·         Konsultasi: ialah layanan konsultasi bagi guru, orangtua, pimpinan sekolah/madrasah, yang terkait dengan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah/madrasah.
·         Bimbingan Teman Sebaya: ialah pemberian pelatihan kepada peserta didik yang dianggap mampu membimbing teman-temannya.Peserta didik yang menjadi pembimbing akan berperan sebagaitutor sebaya yang membantu teman-temannya dalam memahami persoalan-persoalan yang berkaitan dengan akademikmaupun non akademik.
·         Konferensi Kasus: yaitu kegiatan yang dilakukan untuk membahas permasalahan peserta didik yang dihadiri oleh pihak-pihakyang dapat memberikan keterangan, kemudahan dan pemecahan masalah.
·         Kunjungan Rumah: ialah kunjungan konselor ke rumah peserta didik untuk memperoleh informasi dan data utuh tentang peserta didik dan lingkungannya untuk membantu mengentaskan masalah peserta didik.
3. Perencanaan Individual
Perencanaan individual ialah proses bantuan yang diberikan kepada peserta didik sebagai upaya merencanakan, memonitor, dan mengelola aktivitas yang berkaitan dengan kemajuan dan kesuksesan masa depannya berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya.
4. Dukungan Sistem
Dukungan sistem adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh. Layanan dukungan sistem sangat banyak dan bervariasi, antara lain dapat berupa kegiatan pengembangan profesional konselor; hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasehat, masyarakat yang lebih luas, peningkatan mutu manajemen program, peningkatan anggaran dan fasilitas, pelatihan BK bagi para Pengawas dan Kepala Sekolah/Madrasah.Dukungan sistem ini meliputi beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:
·         Pengembangan Profesi: yaitu Berkaitan dengan pengembangan profesi, konselor dituntut untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan, keterampilan dan pengalamannya dengan kegiatan-kegiatan: (a)in-service training,(b) aktif dalam kegiatan organisasi profesi, (c) aktif dalam kegiatan ilmiah, (d) mengikuti kegiatan seminar, workshop (lokakarya), (e) melanjutkan studi ke program yang lebih tinggi.
·         Kegiatan Manajemen: Kegiatan manajemen ini merupakan berbagai upaya untuk memantapkan, memelihara dan meningkatkan mutu program Bimbingan dan Konseling melalui kegiatan-kegiatan: (a) pengembangan program, (b) pengembangan staf, (c) pemanfaatan sumber daya dan (d) pengembangan penataan kebijakan.
·         Riset dan Pengembangan: Kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh konselor misalnya penelitian, membuat karya tulis, mengikuti kegiatan peningkatan profesi atau organisasi profesi.Saling keterkaitan antara keempat komponen program bimbingan dan konseling dalam membantu konseli mencapai perkembangan  yang optimal.
D. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
(TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi setiap lembaga pendidikan formal (TK, SD, SMP, SMA, sampai dengan PT) mempunyai tujuan pendidikan yang disebut dengan tujuan institusional. Tujuan sekolah merupakan tujuan intermedier bagi tercapainya tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, maka setiap sekolah (SD sampai PT) haruslah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Selain kegiatan, masih ada aspek lain yaitu bimbingan sikap dan kesejahteraan yang belum dapat tercapai secara maksimal. Untuk memberikan perhatian terhadap aspek ini maka salah satu caranya adalah memberikan bimbingan kepada siswa. Dengan layanan ini diharapkan kesulitan siswa, baik kesulitan belajar, kesulitan emosional, maupun kesulitan yang lain dapat teratasi dengan baik.[3]Program bimbingan untuk masing-masing jenjang pendidikan dapat dirumuskan sesuai dengan karakteristiknya, yaitu:
1. Program Bimbingan di TK (Taman Kanak-kanak)Layanan bimbingan dan konselingnya ditekankan pada:
·         Bimbingan yang berkaitan dengan kemandirian dan hubungan sosial dengan teman-teman sebayanya
·         Bimbingan pribadi seperti pemupukan disiplinDi samping itu, bimbingan untuk taman kanak-kanak perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan psikologis, seperti pemberian kasih sayang dan perasaan aman.
Pada Taman Kanak-kanak guru kelaslah yang bertindak sebagai konselor dikelas danbiasanya terdapat dua guru kelas pada masing-masing kelas. Terdapat pada dua hal yang dibahas didalam program Bimbingan dan Konseling, yaitu:
·         Uraian program pengembangan pembentukan perilaku meliputi moral pancasila, agama, disiplin, perasaan atau emosi dan kemampuan bermasyarakat.
·         Uraian program pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan jasmani. Biasanya guru menjabarkan macam-macam hal yang perlu diperhatikan secara satu persatu, antara lain: a)Kemampuan berbahasa, b)Daya pikir, c)Daya cipta, d)Keterampilan, dan e)Jasmani
2. Program Bimbingan di SD (Sekolah Dasar) Program kegiatan bimbingan dan konseling untuk siswa-siswa sekolah dasar lebih menekankan pada usaha pencapaian tugas-tugas perkembangan mereka antara lain mengatur kegiatan belajarnya dengan bertanggung jawab, dapat berbuat dengan cara-cara yang dapat diterima oleh orang dewasa serta teman-teman sebayanya, mengembangkan kesadaran moral berdasarkan nilai-nilai kehidupan dengan membentuk kata hati (Winkel, 1991). Layanan BK ditekankan pada:
·         Mengatur kegiatan-kegiatan belajarnya dengan bertanggung jawab.
·         Mengembangkan kesadaran moral berdasarkan nilai-nilai kehidupan Pada tahap ini Bimbingan dan Konseling berperan dalam membimbing siswa untuk mengenal diri dan lingkungan agar siswa menjadi pribadi yang mandiri, kreatif dan produktif. Di sekolah dasar, sekolah tidak memiliki guru Bimbingan dan Konseling secara khusus yang ada hanyalah wali kelas yang juga berperan sebagai guru Bimbingan dan Konseling dan sistem yang digunakan wali kelas akan mengomentari perilaku yang terjadi sehari-hari dan menuliskannya pada buku rapot yang biasanya berupa  bagaimana prilaku, sikap dan cara berpakaian.
3. Program Bimbingan di SMP (Sekolah Menengah Pertama)Program bimbingan dan konseling di SMP hendaknya berorientasi kepada pencapaian tugas-tugas perkembangannya. Layanan bimbingan dan konseling ditekankan pada:
·         Bimbingan belajar (sebab cara belajar di SMP berbeda dengan di SD).
·         Bimbingan tentang hubungan muda-mudidan hubungan sosial, karena pada usia ini mereka mulai membentuk kelompok sebaya dan mengenal hubungan cinta kasih (Gibson dan Mitchell, 1981).
·         Bimbingan yang berorientasi pada tugas-tugas perkembangan anak usia 12-15 tahun.
·         Bimbingan karier baik yang menyangkut pemahaman tentang dunia pendidikan ataupun pekerjaan. Pada tahap ini peran Bimbingan dan Konseling meliputi bagaimana seorang anak memahami dan mengerti tentang dirinya sendiri mengenai bakat (attitude), minat (interest) dan kemampuan (ability)nya. Bimbingan dan Konseling pada tingkat Sekolah Menengah Pertama memiliki dua guru Bimbingan Konseling yang khusus mengajar pelajaran BK. Dan Bimbingan Konseling pada Sekolah Menengah Pertama memiliki ruangan BK tesendiri agar murid secara mudah bisa menceritakan masalah yang terjadi pada keluarganya. Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Pertama juga memiliki kesempatan masuk kelas selama seminggu sekali, jadi sudah menjadi pelajaran pada umumnya. Setiap murid di wajibkan memiliki buku latihan Bimbingan dan Konseling yang akan dijadikan latihan pada setiap pelajaran usai.
Berikut adalah bagaimana sistematika Bimbingan dan Konseling yang dimiliki sekolah saya:
·         Evaluasi: Siswa diberi pertanyaan atau tugas untuk mengidentifikasi tentang bakat dan minat serta mengidentifikasi bakat dan minat yang dimiliki
·         Tindak Lanjut: upaya lebih lanjut menangani siswa yang belum memahami materi diberi layanan bimbingan kelompok kecil, siswa yang memiliki masalah, sehingga tidak aktif dalam layanan di kelas akan diberi layanan  konseling dan siswa yang memiliki masalah setelah layanan materi di kelas akan diberi layanan konseling
4. Program Bimbingan di SMA (Sekolah Menengah Atas) Program bimbingan dan konseling di SMA hendaknya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa sehingga mereka dapat mencapai tugas-tugas perkembangan seperti kematangan emosional, sosial, intelektual, kematangan dalam mengidentifikasi diri, kematangan dalam memilih pekerjaan, dll. Oleh sebab itu, program bimbingan di SMA hendaknya berorientasi kepada:
·         Hubungan muda-mudi atau hubungan sosial.
·         Pemberian informasi pendidikan dan jabatan.
·         Bimbingan cara belajarRentang umur antar 16-19 tahun yang meliputi sebagian besar dari masa remaja, merupakan masa yang sangat berati bagi perkembangan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, pelayanan bimbingan harus lebih intensif dan lebih lengkap, dibandingkan dengan pelayanan di satuan pendidikan di bawahnya.[4]Di Sekolah Menengah Atas terdapat dua guru Bimbingan dan Konseling yang selalu ada di ruang khusus Bimbingan dan Konseling.Bimbingan kelompok maupun individual diterapkan secara seimbang, supaya pelayanan bimbingan sampai kepada semua siswa.[5]
5. Program Bimbingan di Perguruan Tinggi (PT)Arah program bimbingan di perguruan tinggi agak berbeda dengan program yang ada di lembaga pendidikan yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena adanya hal-hal yang lebih spesifik dalam perkembangan diri mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa juga dituntut untuk menyesuaikan diri dengan pola kehidupan kampus dan di luar kampus.  Program bimbingan di perguruan tinggi hendaknya berorientasi kepada:a.Bimbingan belajar di perguruan tinggi atau bimbingan yang bersifat akademikb.Hubungan sosial dan hubungan muda-mudi.











BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Program bimbingan dan konseling di sekolah ialah sejumlah kegiatan bimbingan dan konseling yang direncanakan oleh sekolah, dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya.Sedangkan tujuan program bimbingan dan konseling disekolah terdiri dari: tujuan umum dan tujuan khusus. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah atau madrasah diklasifikasikan ke dalam empat komponen layanan, yaitu: 1.Pelayanan Dasar 2.Pelayanan Responsif 3.Perencanaan Individual dan 4.Dukungan Sistem.Program bimbingan untuk masing-masing jenjang pendidikan dapat dirumuskan sesuai dengan karakteristiknya, yaitu:1.Program Bimbingan di TK (Taman Kanak-kanak)2.Program Bimbingan di SD (Sekolah Dasar) 3.Program Bimbingan di SMP (Sekolah Menengah Pertama) 4.Program Bimbingan di SMA (Sekolah Menengah Atas) dan 5.Program Bimbingan di Perguruan Tinggi (PT).




















DAFTAR PUSTAKA
Mu’awanah, Elfi dan Rifa Hidayah. 2009. Bimbingan Konseling Islami. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Prabowo, Sugeng Listya dan Faridah Nurmaliyah. 2010. PERENCANAAN PEMBELAJARAN: Pada Bidang Studi, Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling. Cetakan ke-1. Malang: UIN MALIKI PRES.
Salahudin, Anas. 2003. Bimbingan & Konseling. Cetakan ke-2. Bandung: Pustaka Setia. Sukardi, Ketut Dewa. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: rineka Cipta.
Winkel, W.S dan M.M Sri Hastusi. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. Http://endahlestari-thebestdramakorea.blogspot.co.id/2012/07/bimbingan-dan-konseling-pada-tingkat-tk.html. Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2015 pada pukul 4:35 WIB.http://10halaman.blogspot.co.id/2013/09/program-bimbingan-di-sekolah-dan.html.diunduh pada tanggal 21 Oktober 2015 pada pukul 6:45 WIB.






[1] Drs. Anas Salahudin, M. Pd. Bimbingan & Konseling. Cetakan ke-2. (Bandung: Pustaka Setia, 2003). hlm. 129
[2] Dr. Sugeng Listya Prabowo dan Faridah Nurmaliyah, S. Pd.PERENCANAAN PEMBELAJARAN, Pada Bidang Studi, Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling.Cetakan ke-1. (Malang: UIN MALIKI PRESS, 2010). hlm. 251-256
[3] Elfi Mu’awanah dan Rifa Hidayah,Bimbingan Konseling Islami, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009). hlm. 46-47
[4] W.S Winkel dan M. M Sri Hastusi,Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.(Yogyakarta: Media Abadi, 2007).hlm. 146
[5] Ibid

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN MATERI TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH LENGKAP

A.    Konsep Karya Ilmiah Karya ilmiah terbentuk dari kata “karya” dan “ilmiah”. Karya berarti kerja dan hasil kerja dan ilmiah berari ...